Skip to main content

7 Jenis Tanaman Aquascape Rendah CO2 Dan Mudah Dirawat

Ingin merawat tanaman aquascape namun bingung dalam perawatannya? Tenang ada banyak jenis tanaman aquascape yang tersedia dan mudah perawatannya bagi pemula. Juga, dapat tumbuh subur tanpa CO2.

Tanaman Aquascape Rendah CO2

Daftar isi:
 Berikut adalah jenis tanaman aquascape rendah co2:

1.Christmas Moss

Jenis Tanaman Aquascape Low CO2 Christmas Moss
Tanaman Aquascape Crhistmas Moss

Christmas Moss (Vesicularia montagneiadalah salah satu tanaman aquascape jenis lumut yang banyak dicari, tumbuh padat, pertumbuhan menyirip tidak teratur dengan warna hijau terang. Ia mampu hidup dengan cahaya sedang, namun jika Anda menginginkan pertumbuhan yang maksimal maka sebaiknya memberikan cahaya tinggi.

2. Java Moss

Jenis Tanaman Aquascape Low CO2 Java Moss
Tanaman Aquascape Java Moss


Java Moss  juga terkenal karena kemampuannya yang mudah tumbuh tanpa perawatan ekstra. Ia mampu hidup di semua jenis air, segala macam kualitas cahaya dan bisa tumbuh subur tanpa CO2. Anda bisa mengikatnya pada beberapa kayu apung dan batu sebagai tempat tumbuhnya.

3. Peacock Moss

Jenis Tanaman Aquascape Low CO2 Peacock Moss
Tanaman Aquascape Peacock Moss

Peacock moss memiliki daun lebar dengan tampilan indah yang sangat mirip dengan corak burung merak. Teksturnya lebih lembut menyerupai beludru jika dibandingkan dengan christmas moss. Ia mudah membentuk cabang dan menyebar layaknya kipas pada ekor burung merak. Tanpa menambahkan CO2, peacock moss dapat tumbuh dengan sangat baik, hijau, dan lebat.


4. Singapore Moss

Jenis Tanaman Aquascape Low CO2 Singapore Moss
Tanaman Aquascape Singapore Moss


Singapure moss (Vesicularia dubyana) memiliki daun dengan helai panjang dan longgar serta memiliki cabang yang tegak dan mirip pohon. Singapore moss memiliki tampilan yang hampir sama dengan java moss. Dapat tumbuh baik dengan pencahayaan sedang, air yang sejuk serta CO2 injection meski dapat pula hidup tanpa CO2.


5. Java Fern

Jenis Tanaman Aquascape Low CO2 Java Fern
Tanaman Aquascape Java Fern


Java fern (microsorum pteropus) bisa tumbuh hampir dimana saja pada akuarium, juga sangat direkomendasikan bagi pemula karena perawatannya yang tergolong mudah. Tidak hanya itu, java fern juga memiliki tampilan yang tidak kalah indahnya dengan tanaman aquascape lainnya.

6. Anubias

Jenis Tanaman Aquascape Low CO2 Anubias Sp
Tanaman Aquascape Anubias


Tanaman Anubias (Anubias sp.) juga termasuk tanaman aquascape yang populer karena tahan banting dan mudah perawatannya, juga bisa tumbuh dengan baik dengan atau tanpa CO2. Umumnya tanaman yang bisa mengeluarkan bunga di dalam air ini hanya membutuhkan sedikit sinar sehingga harus ditempatkan di area yang terlindung.

7. Lilaeopsis

Jenis Tanaman Aquascape Low CO2 Lilaeopsis
Tanaman Aquascape Lilaeopsis


Lilaeopsis merupakan tanaman yang bagus buat pemula, cocok untuk menutupi media tanam (karpet atau bottom cover). 

8. Tips Perawatan

Jenis Tanaman Aquascape Low CO2 Pupuk Cair
Contoh Pupuk Cair


Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan subur, tak ada salahnya mencoba tips berikut:
  • Berada pada suhu di bawah 28 derajat celcius
  • Cahaya sedang hingga tinggi
  • Memberikan asupan pupuk cair secara rutin untuk memicu pertumbuhan
  • Rajin mengganti air akuarium minimal 30%,  satu minggu sekali

Nah, di atas adalah informasi mengenai 7 Jenis Tanaman Aquascape Yang Rendah CO2 Dan Mudah Dirawat. Semoga bermanfaat ya!

Comments

Popular posts from this blog

9 Jenis Tanaman Midground / Background Aquascape

9 Jenis Tanaman Midground / Background Aquascape Selain jenis tanaman aquascape carpet . Ada juga tanaman aquascape bagian midground (tengah) atau bagian background (belakang). Tanaman - tanaman midground / background bisa menambah keindahan aquascape kita. Tanaman dalam air ini cocok juga untuk tempat bersembunyi ikan kecil. Daftar Isi : Water Wisteria (Hygrophila difformis) Amazon Sword (Echinodorus grisebachii) African Water Fern (Bolbitis heudelotii) Java Fern/ Pakis lidah kolam (Microsorum pteropus) Anubias Cryptocoryne beckettii Aponogeton Ulvaceus Bulb Dwarf Aquarium Lily/ lili akuarium kerdil Pygmy Chain Sword Berikut adalah penjelasan mengenai tanaman midground / background aquascape pemula : 1. Water Wisteria (Hygrophila difformis) Tanaman aquascape Hygrophila difformis atau nama umumnya adalah Water Wisteria berasal dari benua Asia. Pertumbuhannya cukup cepat. Perawatannya mudah. Sedangkan kebutuhan cahayanya terbilang sedang. Parameter air idealnya ada di angka 23-28 dera

11 Jenis Tanaman Rotala Aquascape | Tanaman Aquascape

 11 Jenis Tanaman Rotala Aquascape Tanaman rotala cenderung mudah untuk dirawat. Cocok bagi pemula di dunia aquascape. Cocok untuk tanaman midground - background. Tanaman rotala juga mudah untuk diperbanyak atau di budidaya. 1. Rotala Rotundifolia Pink (ceylon) Rotala Rotundifolia Pink Informasi Tanaman: Jenis: Batang Asal: Asia Tingkat Pertumbuhan: Cepat Tinggi: 20 - 30 cm Kebutuhan cahaya: Sedang - tinggi Tingkat Kesulitan: Mudah Kebutuhan CO2: Sedang 2. Rotala Rotundifolia Green Rotala Rotundifolia Green Informasi Tanaman Jenis : Batang Asal : Asia Tingkat pertumbuhan : Cepat Tinggi : 20   - 3 0cm Kebutuhan cahaya : Sedang Kebutuhan CO2: Sedang Tingkat kesulitan: Sedang 3. Rotala Wallichii Rotala Wallichii Informasi tanaman Jenis: Batang Asal: Asia Tingkat Pertumbuhan: Sedang Tinggi: 10 - 30cm Kebutuhan cahaya: Tinggi Kebutuhan CO2: Tinggi Tingkat kesulitan: Sulit 4. Rotala Macrandra Mini Butterfly Rotala Macrandra Mini Butterfly Informasi tanaman Jenis: Batang Asal: Asia Ti

10 Jenis Batu Hias Untuk Aquascape Beserta Harganya

10 Jenis Batu Aquascape Beserta Harganya Daftar isi: Batu Lava Rock Batu Garang Stone / Eragon Batu Fosil Batu Seiryu Batu Besi Batu Serpentine Batu Kali Batu Ryuoh Batu Ohko / Naga Batu Manten Batu hias untuk aquascape biasanya digunakan pada tema hardscape, iwagumi, atau natural. Kesan alami bisa didapatkan dengan menambahkan batu batu hias pada aquascape anda. Nah berikut kita lihat jenis jenis batu hiasnya: 1. Batu Lava Rock Batu Lava Rock Batu Lava Rock, batu untuk bahan hardscape aquascape ini berwarna kecoklatan. Terbentuk dari panasnya gunung berapi. Batu ini memiliki banyak manfaat selain untuk hiasan hardscape aquascape. Harga : Rp4000 - Rp8000 per kilogram (tokopedia) 2. Batu Garang Stone/Eragon Batu Garang Aquascape Batu aquascape garang stone atau eragon dapat digunakan juga sebagai bahan hardscape aquascape. Batu ini berwarna kuning kecoklatan hingga abu - abu. Harga: Rp12.500 - Rp19.500 per kilogram di tokopedia 3. Batu Fosil Batu Fosil Aquascape Batu fosil untuk aqua