Skip to main content

7 Tips Cara Merawat Udang Hias Aquascape Di Akuarium

7 Tips Cara Merawat Udang Hias Aquascape

Menambahkan udang hias pada akuarium menjadi pilihan tepat agar menambah keindahan akuarium. Apalagi tank aquascape, akan semakin indah melihat sekumpulan udang yang berwarna cerah.


Nah langsung saja ya kita bahas beberapa tips cara merawat udang hias pada akuarium di bawah.

1. Pelajari Karakter Dan Ukuran Udang

Udang Hias RCS
Udang Hias Red Cherry


Dalam memelihara udang hias di akuarium. Penting bagi kita untuk mengetahui karakter udang hias. Usahakan memelihara udang dengan jenis yang sama dan ukuran yang sama juga. Ini agar menghindari ada kanibalisme antar udang.

Perhatikan juga jumlah udang dalam satu akuarium. Tempatkan 10-20 ekor udang dalam satu akuarium. Namun sesuaikan juga dengan ukuran akuarium yang akan kita gunakan.

2. Perhatikan Tempat Tinggal Udang Hias

Filter Spon Internal
Contoh Filter Internal


Ukuran minimal akuarium untuk udang hias minimal 18.9 liter. Hal ini dikarenakan ketika udang tumbuh besar ditakutkan akan menjadi agresif dan memangsa satu sama lain. 

Tambahkan juga filter untuk menyaring air agar kondisi air tetap terjaga  kebersihannya. Ada banyak jenis filter untuk akuarium. Namun untuk akuarium udang, sebaiknya menggunakan filter spon internal.

3. Memilih Alas Akuarium

Dasar pasir silika
Akuarium Dengan Dasar Pasir Silika

Untuk dasar akuarium, bisa menggunakan pasir halus seperti pasir silika. Karena makanan udang bisa saja mengendap di dasar akuarium. Sehingga dapat memudahkan udang untuk mencari makan.

Bisa juga kita tambahkan beberapa ornamen, seperti kayu atau batu - batuan sebagai tempat bermain udang. Bisa juga anda tambahkan tanaman hidup untuk tempat bersembunyi udang. 

4. Pemberian Makan Secara Teratur

Makanan udang hias
Pelet Tenggelam

Udang hias biasanya diberi makan pelet tenggelam. Karena udang jarang muncul ke permukaan air, pelet tenggelam sangat cocok untuk makanannya.

Anda juga bisa sesekali memberi makanan lain yang sesuai dengan jenis udangnya. Ada yang suka sayuran, dan juga suka daging olahan atau yang mengandung banyak kalori. Usahakan tidak terlalu banyak memberi makan agar air akuarium tidak keruh.

5. Penempatan Akuarium

Menempatkan akuarium
Penempatan Akuarium

Hindari area yang terlalu banyak terkena sinar matahari, juga jauhkan dari ventilasi udara karena dapat membuat air cepat kotor.

Sebaiknya letakkan akuarium di tempat yang memiliki suhu konsisten dan tidak berubah - ubah. Juga dengan cahaya yang tidak berlebihan.

6. Perhatikan Proses Ganti Kulit (Molting)

Proses molting udang hias
Proses molting udang hias

Pada saat udang bertambah ukuran atau tumbuh besar. Udang akan mengalami proses molting. Molting adalah proses pergantian kulit pada udang karena ukuran tubuhnya berubah.

Pada saat molting udang cenderung lebih ringkih dan sensitif. Jagan membuang kulit udang yang sudah terlepas. Biarkan saja udang memakan kulit itu, diharapkan kulit yang baru akan menjadi lebih kuat. 

7. Memilih Teman Hidup Yang Tepat

Ikan neon tetra
Ikan Neon Tetra

Untuk memilih teman di akuarium udang. Kita harus lebih berhati - hati. Usahakan memilih ikan yang bukan karnivora dan ukurannya tidak terlalu besar. 

Untuk ikan kecil bisa anda tambahkan ikan tetra dan atau guppy. Karena jika ikan terlalu besar maka udang akan terus bersembunyi dan tidak akan berani keluar.

Sekian pembahasan tentang cara merawat udang hias di akuarium. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

9 Jenis Tanaman Midground / Background Aquascape

9 Jenis Tanaman Midground / Background Aquascape Selain jenis tanaman aquascape carpet . Ada juga tanaman aquascape bagian midground (tengah) atau bagian background (belakang). Tanaman - tanaman midground / background bisa menambah keindahan aquascape kita. Tanaman dalam air ini cocok juga untuk tempat bersembunyi ikan kecil. Daftar Isi : Water Wisteria (Hygrophila difformis) Amazon Sword (Echinodorus grisebachii) African Water Fern (Bolbitis heudelotii) Java Fern/ Pakis lidah kolam (Microsorum pteropus) Anubias Cryptocoryne beckettii Aponogeton Ulvaceus Bulb Dwarf Aquarium Lily/ lili akuarium kerdil Pygmy Chain Sword Berikut adalah penjelasan mengenai tanaman midground / background aquascape pemula : 1. Water Wisteria (Hygrophila difformis) Tanaman aquascape Hygrophila difformis atau nama umumnya adalah Water Wisteria berasal dari benua Asia. Pertumbuhannya cukup cepat. Perawatannya mudah. Sedangkan kebutuhan cahayanya terbilang sedang. Parameter air idealnya ada di angka 23-28 dera

11 Jenis Tanaman Rotala Aquascape | Tanaman Aquascape

 11 Jenis Tanaman Rotala Aquascape Tanaman rotala cenderung mudah untuk dirawat. Cocok bagi pemula di dunia aquascape. Cocok untuk tanaman midground - background. Tanaman rotala juga mudah untuk diperbanyak atau di budidaya. 1. Rotala Rotundifolia Pink (ceylon) Rotala Rotundifolia Pink Informasi Tanaman: Jenis: Batang Asal: Asia Tingkat Pertumbuhan: Cepat Tinggi: 20 - 30 cm Kebutuhan cahaya: Sedang - tinggi Tingkat Kesulitan: Mudah Kebutuhan CO2: Sedang 2. Rotala Rotundifolia Green Rotala Rotundifolia Green Informasi Tanaman Jenis : Batang Asal : Asia Tingkat pertumbuhan : Cepat Tinggi : 20   - 3 0cm Kebutuhan cahaya : Sedang Kebutuhan CO2: Sedang Tingkat kesulitan: Sedang 3. Rotala Wallichii Rotala Wallichii Informasi tanaman Jenis: Batang Asal: Asia Tingkat Pertumbuhan: Sedang Tinggi: 10 - 30cm Kebutuhan cahaya: Tinggi Kebutuhan CO2: Tinggi Tingkat kesulitan: Sulit 4. Rotala Macrandra Mini Butterfly Rotala Macrandra Mini Butterfly Informasi tanaman Jenis: Batang Asal: Asia Ti

10 Jenis Batu Hias Untuk Aquascape Beserta Harganya

10 Jenis Batu Aquascape Beserta Harganya Daftar isi: Batu Lava Rock Batu Garang Stone / Eragon Batu Fosil Batu Seiryu Batu Besi Batu Serpentine Batu Kali Batu Ryuoh Batu Ohko / Naga Batu Manten Batu hias untuk aquascape biasanya digunakan pada tema hardscape, iwagumi, atau natural. Kesan alami bisa didapatkan dengan menambahkan batu batu hias pada aquascape anda. Nah berikut kita lihat jenis jenis batu hiasnya: 1. Batu Lava Rock Batu Lava Rock Batu Lava Rock, batu untuk bahan hardscape aquascape ini berwarna kecoklatan. Terbentuk dari panasnya gunung berapi. Batu ini memiliki banyak manfaat selain untuk hiasan hardscape aquascape. Harga : Rp4000 - Rp8000 per kilogram (tokopedia) 2. Batu Garang Stone/Eragon Batu Garang Aquascape Batu aquascape garang stone atau eragon dapat digunakan juga sebagai bahan hardscape aquascape. Batu ini berwarna kuning kecoklatan hingga abu - abu. Harga: Rp12.500 - Rp19.500 per kilogram di tokopedia 3. Batu Fosil Batu Fosil Aquascape Batu fosil untuk aqua