Skip to main content

10 Jenis Batu Hias Untuk Aquascape Beserta Harganya

10 Jenis Batu Aquascape Beserta Harganya


Batu hias untuk aquascape biasanya digunakan pada tema hardscape, iwagumi, atau natural. Kesan alami bisa didapatkan dengan menambahkan batu batu hias pada aquascape anda.

Nah berikut kita lihat jenis jenis batu hiasnya:

1. Batu Lava Rock

Batu Lava Rock Aquascape
Batu Lava Rock

Batu Lava Rock, batu untuk bahan hardscape aquascape ini berwarna kecoklatan. Terbentuk dari panasnya gunung berapi. Batu ini memiliki banyak manfaat selain untuk hiasan hardscape aquascape.

Harga : Rp4000 - Rp8000 per kilogram (tokopedia)

2. Batu Garang Stone/Eragon

Batu Garang Aquascape Cantik
Batu Garang Aquascape

Batu aquascape garang stone atau eragon dapat digunakan juga sebagai bahan hardscape aquascape. Batu ini berwarna kuning kecoklatan hingga abu - abu.

Harga: Rp12.500 - Rp19.500 per kilogram di tokopedia

3. Batu Fosil

Batu Fosil Aquascape
Batu Fosil Aquascape

Batu fosil untuk aquascape berasal dari fosil tumbuhan berupa kayu. Batu fosil cocok untuk tema hardscape akuarium kita.

Harga: Rp10.000 - Rp15.000/kg di tokopedia

4. Batu Seiryu

Batu seiryu aquascape
Batu Seiryu Aquascape

Batu seiryu banyak digunakan untuk aquascape bertemakan iwagumi. Batu ini berasal dari jepang, dengan warna yang abu - abu.

Harga: Rp20.000 - Rp40.000/kg

5. Batu Besi

Batu besi aquascape bagus
Batu Besi Aquascape

Batu besi aquascape biasanya berwarna hitam dan biasanya ada guratan tak beraturan. Biasanya digunakan untuk membuat tebing atau gunung di hardscape akuarium.

Harga: Rp10.000 - Rp15.000/kg.

6. Batu Serpentine

Batu serpentine untuk aquascape
Batu Serpentine Aquascape

Batu Serpentine memiliki warna abu-abu dan hitam (black serpentine). Namun, jika dimasukkan ke dalam air, batu ini akan berubah warna menjadi semakin gelap. Batu ini memiliki serat batu yang membentuk bercak putih seperti kaca.

Harga: Rp10.000-Rp15.000/kg.

7. Batu Kali

Batu kali untuk aquascape
Batu Kali Aquascape

Batu kali sangat mudah didapatkan, kita cukup pergi ke sungai di dekat rumah kita. Kita bahkan bebas memilih bentuknya. Pilih pilih saja yang bentuknya bagus, dengan begitu kita mendapat bahan hardscape secara cuma cuma atau gratis. Mantap.

Harga: Gratis :)

8. Batu Ryuoh

Batu ryuoh akuarium
Batu Ryuoh Aquascape

Batu ryuoh sering dipakai untuk aquascape tema iwagumi karena keindahannya. Batu ryuoh sangat mirip dengan batu seiryu. Sangat sulit untuk membedakannya. 

Harga: -

9. Batu Ohko/Naga

Batu ohko batu naga
Batu Ohko / Naga Aquascape

Dengan teksturnya yang bagus dan indah. Batu ohko atau juga disebut batu naga, banyak disukai para aquascaper. Batu ini berasal dari jepang.

Harga: -

10. Batu Manten

Batu manten untuk isian aquascape
Batu Manten Aquascape

Batu manten berasal dari jepang, kerap digunakan untuk iwagumi. Berada di daerah dataran tinggi di Jepang, semakin tinggi daerahnya, semakin indah retakan pada batu manten. 

Harga: -

Sekian artikel tentang 10 Jenis Batu Hias Untuk Aquascape Beserta Harganya. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

9 Jenis Tanaman Midground / Background Aquascape

9 Jenis Tanaman Midground / Background Aquascape Selain jenis tanaman aquascape carpet . Ada juga tanaman aquascape bagian midground (tengah) atau bagian background (belakang). Tanaman - tanaman midground / background bisa menambah keindahan aquascape kita. Tanaman dalam air ini cocok juga untuk tempat bersembunyi ikan kecil. Daftar Isi : Water Wisteria (Hygrophila difformis) Amazon Sword (Echinodorus grisebachii) African Water Fern (Bolbitis heudelotii) Java Fern/ Pakis lidah kolam (Microsorum pteropus) Anubias Cryptocoryne beckettii Aponogeton Ulvaceus Bulb Dwarf Aquarium Lily/ lili akuarium kerdil Pygmy Chain Sword Berikut adalah penjelasan mengenai tanaman midground / background aquascape pemula : 1. Water Wisteria (Hygrophila difformis) Tanaman aquascape Hygrophila difformis atau nama umumnya adalah Water Wisteria berasal dari benua Asia. Pertumbuhannya cukup cepat. Perawatannya mudah. Sedangkan kebutuhan cahayanya terbilang sedang. Parameter air idealnya ada di angka 23-28 dera

11 Jenis Tanaman Rotala Aquascape | Tanaman Aquascape

 11 Jenis Tanaman Rotala Aquascape Tanaman rotala cenderung mudah untuk dirawat. Cocok bagi pemula di dunia aquascape. Cocok untuk tanaman midground - background. Tanaman rotala juga mudah untuk diperbanyak atau di budidaya. 1. Rotala Rotundifolia Pink (ceylon) Rotala Rotundifolia Pink Informasi Tanaman: Jenis: Batang Asal: Asia Tingkat Pertumbuhan: Cepat Tinggi: 20 - 30 cm Kebutuhan cahaya: Sedang - tinggi Tingkat Kesulitan: Mudah Kebutuhan CO2: Sedang 2. Rotala Rotundifolia Green Rotala Rotundifolia Green Informasi Tanaman Jenis : Batang Asal : Asia Tingkat pertumbuhan : Cepat Tinggi : 20   - 3 0cm Kebutuhan cahaya : Sedang Kebutuhan CO2: Sedang Tingkat kesulitan: Sedang 3. Rotala Wallichii Rotala Wallichii Informasi tanaman Jenis: Batang Asal: Asia Tingkat Pertumbuhan: Sedang Tinggi: 10 - 30cm Kebutuhan cahaya: Tinggi Kebutuhan CO2: Tinggi Tingkat kesulitan: Sulit 4. Rotala Macrandra Mini Butterfly Rotala Macrandra Mini Butterfly Informasi tanaman Jenis: Batang Asal: Asia Ti