Skip to main content

3 Langkah Mudah Membuat Akuarium Sendiri

Membuat akuarium sendiri tidak begitu susah kok! Kita hanya memerlukan kaca dan beberapa alat tambahannya. Namun tetap hati - hati ketika pengerjaannya ya!

Cara Membuat Akuarium

Daftar isi:

Tentukan Ukuran Akuarium Sesuai Kebutuhan

Buatlah akuarium sesuai kebutuhan. Buatlah ukuran kecil jika hanya memelihara beberapa ikan, atau untuk serangga.

Gunakan Kaca Anil

Gunakanlah kaca anil. Atau bisa disebut kaca "pelat" Atau kaca "lembar".

Pilih Tebal Kaca

Sesuaikan tebal kaca dengan kebutuhan. Kalau masih bingung gunakan patokan ini:
  • Tinggi akuarium/Tebal lembaran
2-30 cm / 1/4 inci
30-46 cm / 3/8 inci
46-61 cm / 1/2 inci
61-76 cm / 2 cm

Siapkan Peralatan

  • Sealent Silikon 100%
  • Plester atau lakban
  • Sealant dan pistolnya
  • Sebuah kontainer besar atau benda berat untuk menahan kaca 

2. Merakit Akuarium

2.1 Oleskan Silikon. Mulai dari kaca bagian dasar, buat jalur silikon dengan tipis tanpa terputus di atasnya, sekitar 2 mm dari pinggir (tempat di mana kaca bagian depan akan ditaruh). Jalur silikon sebaiknya berdiameter sekitar 3 mm.

2.2 Pasang Kaca Bagian Depan. Buat jalur silikon di sepanjang pinggiran depan dari kaca dasar, pasang kaca bagian depan ke tempatnya, tekan ke bawah dengan kuat namun lembut. Tahan sebentar, tempelkan sisa plester ke sisi, dan kaca tersebut seharusnya akan tetap berdiri. Jika Anda takut itu akan jatuh, Anda bisa mengganjalnya dengan kontainer besar berisikan air atau benda berat lainnya.

2.3 Mulailah Memasang Kaca Bagian Sisi. Dengan pistol sealant Anda, buat jalur tipis silikon lagi (kembali, 2 mm dari pinggir), di sepanjang sisi. Kemudian ulangi di sepanjang bagian dalam sisi kaca bagian depan (ingat: kaca bagian samping tidak hanya terpasang ke bagian dasar, namun terjepit dengan bagian kaca depan dan belakang).

  • Jangan Anda bersihkan sisa silikon sekarang. Anda bisa melakukannya nanti setelah selesai.

2.4 Selesaikan Dengan Kaca Bagian Belakang. Sekarang setelah Anda sudah bisa menggunakan pistol sealant, buat jalur silikon 3 mm terakhir Anda di sepanjang pinggiran kaca bagian dasar (2 mm dari pinggiran) dan di sepanjang bagian dalam sisi kaca bagian belakang.

  • Tekan kaca bagian sisi, kuat namun lembut. Sekarang Anda punya sebuah sudut akuarium yang sudah terpasang.
  • Jangan coba untuk meluruskan kembali kacanya – jika Anda melakukannya, Anda bisa membuat gelembung udara pada silikonnya, yang bisa menyebabkan kebocoran nanti.[6]
  • Ulangi kembali proses ini untuk sisi yang satunya lagi.

2.5 Biarkan Silikon Mengering Dan Mengeras. Sebagian besar tipe silikon akan mengering dalam 24-48 jam. Silikon akan semakin mengeras sepanjang waktu, jadi jika Anda bisa menahan diri, jangan mengisinya dengan air selama seminggu atau lebih.

3. Mengatur Bagian Dalam

Pada tahap akhir ini, hanya perlu dilakukan pengecekan. Apakah ada lem yang bocor, atau sudah sempurna seutuhnya. Jika sudah tidak ada yang bocor, tinggal kita isi hiasan - hiasan dan tambahkan juga substrat nya.



Comments

Popular posts from this blog

9 Jenis Tanaman Midground / Background Aquascape

9 Jenis Tanaman Midground / Background Aquascape Selain jenis tanaman aquascape carpet . Ada juga tanaman aquascape bagian midground (tengah) atau bagian background (belakang). Tanaman - tanaman midground / background bisa menambah keindahan aquascape kita. Tanaman dalam air ini cocok juga untuk tempat bersembunyi ikan kecil. Daftar Isi : Water Wisteria (Hygrophila difformis) Amazon Sword (Echinodorus grisebachii) African Water Fern (Bolbitis heudelotii) Java Fern/ Pakis lidah kolam (Microsorum pteropus) Anubias Cryptocoryne beckettii Aponogeton Ulvaceus Bulb Dwarf Aquarium Lily/ lili akuarium kerdil Pygmy Chain Sword Berikut adalah penjelasan mengenai tanaman midground / background aquascape pemula : 1. Water Wisteria (Hygrophila difformis) Tanaman aquascape Hygrophila difformis atau nama umumnya adalah Water Wisteria berasal dari benua Asia. Pertumbuhannya cukup cepat. Perawatannya mudah. Sedangkan kebutuhan cahayanya terbilang sedang. Parameter air idealnya ada di angka 23-28 dera

11 Jenis Tanaman Rotala Aquascape | Tanaman Aquascape

 11 Jenis Tanaman Rotala Aquascape Tanaman rotala cenderung mudah untuk dirawat. Cocok bagi pemula di dunia aquascape. Cocok untuk tanaman midground - background. Tanaman rotala juga mudah untuk diperbanyak atau di budidaya. 1. Rotala Rotundifolia Pink (ceylon) Rotala Rotundifolia Pink Informasi Tanaman: Jenis: Batang Asal: Asia Tingkat Pertumbuhan: Cepat Tinggi: 20 - 30 cm Kebutuhan cahaya: Sedang - tinggi Tingkat Kesulitan: Mudah Kebutuhan CO2: Sedang 2. Rotala Rotundifolia Green Rotala Rotundifolia Green Informasi Tanaman Jenis : Batang Asal : Asia Tingkat pertumbuhan : Cepat Tinggi : 20   - 3 0cm Kebutuhan cahaya : Sedang Kebutuhan CO2: Sedang Tingkat kesulitan: Sedang 3. Rotala Wallichii Rotala Wallichii Informasi tanaman Jenis: Batang Asal: Asia Tingkat Pertumbuhan: Sedang Tinggi: 10 - 30cm Kebutuhan cahaya: Tinggi Kebutuhan CO2: Tinggi Tingkat kesulitan: Sulit 4. Rotala Macrandra Mini Butterfly Rotala Macrandra Mini Butterfly Informasi tanaman Jenis: Batang Asal: Asia Ti

10 Jenis Batu Hias Untuk Aquascape Beserta Harganya

10 Jenis Batu Aquascape Beserta Harganya Daftar isi: Batu Lava Rock Batu Garang Stone / Eragon Batu Fosil Batu Seiryu Batu Besi Batu Serpentine Batu Kali Batu Ryuoh Batu Ohko / Naga Batu Manten Batu hias untuk aquascape biasanya digunakan pada tema hardscape, iwagumi, atau natural. Kesan alami bisa didapatkan dengan menambahkan batu batu hias pada aquascape anda. Nah berikut kita lihat jenis jenis batu hiasnya: 1. Batu Lava Rock Batu Lava Rock Batu Lava Rock, batu untuk bahan hardscape aquascape ini berwarna kecoklatan. Terbentuk dari panasnya gunung berapi. Batu ini memiliki banyak manfaat selain untuk hiasan hardscape aquascape. Harga : Rp4000 - Rp8000 per kilogram (tokopedia) 2. Batu Garang Stone/Eragon Batu Garang Aquascape Batu aquascape garang stone atau eragon dapat digunakan juga sebagai bahan hardscape aquascape. Batu ini berwarna kuning kecoklatan hingga abu - abu. Harga: Rp12.500 - Rp19.500 per kilogram di tokopedia 3. Batu Fosil Batu Fosil Aquascape Batu fosil untuk aqua