Skip to main content

5 Jenis Tanaman Carpet Aquascape Terbaik

5 Jenis Tanaman Aquascape Terbaik

Jenis tanaman carpet aquascape dapat membuat aquascape semakin indah. Tanaman jenis carpet ini tumbuh di dasar aquarium. Jenis tanaman air ini tumbuh seperti karpet, berwarna hijau segar dan enak dipandang.

Daftar Isi
 
Berikut 5 Jenis Tanaman Carpet Aquascape Terbaik:

1. Staurogyne Rubescens

Tanaman Carpet Aquascape
Tanaman Air staurogyne rubescens

Tanaman aquascape yang satu ini memiliki batang yang mampu tumbuh lebat, kompak namun tidak terlalu tinggi sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk tanaman karpet. Namun, tetap diperlukan pemangkasan untuk memberikan tampilan yang teratur dan rapi.

Dengan pencahayaan tinggi, batangnya bisa tumbuh menjalar secara horizontal. Anda bahkan bisa memotong batangnya yang tumbuh tegak dan menanamnya kembali.

Cocok untuk pemula karena ia mampu tumbuh di bawah cahaya tinggi atau rendah, dengan atau tanpa CO2.

2. Echinodorus Tenellus

Tanaman Carpet Aquascape
Tanaman Air Echinodorus Tenellus

Echinodorus tennellus adalah tanaman karpet yang mirip dengan Eleocharis parvula, tetapi yang ini sedikit lebih besar, daunnya bertekstur lebih kasar sehingga tampilannya menyerupai bulu-bulu.

Penampilan yang sedikit ‘liar’ tersebut menciptakan suasana yang lebih hangat.

Echinodorus tennellus tumbuh dengan cepat dalam waktu yang relatif singkat sehingga membentuk karpet yang sangat padat, terutama bila didukung dengan CO2 dan pencahayaan yang memadai.

Selain cocok sebagai tanaman karpet, ia juga bisa ditempatkan pada akuarium besar dan nano.

3. Eleocharis Acicularis

Tanaman Carpet Aquascape
Tanaman Air Eleocharis Acicularis

Eleocharis Acicularis atau dikenal pula dengan nama umum ‘hairgrass’. Dikenal demikian karena ia memiliki daun menyerupai rumput halus.

Tanaman ini akan cepat tumbuh dengan berkelompok dan menciptakan tanaman karpet yang padat. Dengan pemberian CO2 yang memadai, ia akan tumbuh dengan cepat. Sebaliknya, pertumbuhannya akan melambat dan lebih sulit menciptakan karpet tebal jika menerima cahaya rendah.

Sangat cocok ditempatkan pada akuarium kecil karena daunnya yang kecil-kecil dengan tekstur yang halus. Terlihat sangat menakjubkan jika diberi aliran filter karena akan menciptakan daun yang bergerak-gerak dan bergelombang.


4. Dwarf Baby Tears / Hemianthus Callitrichoides (HC)

Tanaman Carpet Aquascape
Tanaman Air Dwarf Baby Tears

Dwarf baby tears atau dikenal pula dengan nama Hemianthus Callitrichoides adalah tanaman karpet untuk aquascape yang paling klasik dan mungkin paling populer dari semua tanaman aquascaping.

 HC memiliki ukuran yang kecil dan mudah tumbuh yang akan menyebar dengan sendirinya. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah HC membutuhkan pencahayaan yang kuat dan injeksi CO2 untuk menghasilkan tanaman karpet yang menakjubkan.

Selain itu, Anda harus sering memangkasnya secara teratur agar tumbuh tanaman karpet yang rapi. HC adalah pilihan terbaik untuk gaya aquarium bergelombang seperti Aguami karena dapat memberikan efek bukit dan padang berumput.

Jika Anda merawatnya dengan baik dan benar, maka HC adalah tanaman karpet untuk aquascape yang paling menakjubkan.

5. Sagittaria subulata

Tanaman Carpet Aquascape
Tanaman Air Sagittaria Subulata

Sagittaria subulata merupakan tanaman foreground dengan pertumbuhan yang kompak. Tanaman ini akan membentuk karpet padat jika di bawah penyinaran yang baik, namun juga mentolerir cahaya rendah hingga tinggi.

Jika CO2 tidak ditambahkan ke akuarium, Anda harus mempertimbangkan menyediakan pencahayaan yang lebih tinggi untuk mendorong pertumbuhan.

Daunnya tumbuh memanjang menyerupai rumput, biasanya sedikit lebih panjang dan tebal. Untuk mendapatkan tanaman karpet yang sempurna, Anda harus memangkasnya sesekali karena tanaman ini biasanya dapat tumbuh cukup tinggi.

Cocok bagi pemula karena dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi akuarium dan juga tidak memerlukan perawatan khusus.

Nah sekian pembahasan tentang 5 Tanaman Carpet Aquascape Terbaik versi kita. Semoga bermanfaat ya.

Terima Kasih Telah Berkunjung.

Comments

Popular posts from this blog

9 Jenis Tanaman Midground / Background Aquascape

9 Jenis Tanaman Midground / Background Aquascape Selain jenis tanaman aquascape carpet . Ada juga tanaman aquascape bagian midground (tengah) atau bagian background (belakang). Tanaman - tanaman midground / background bisa menambah keindahan aquascape kita. Tanaman dalam air ini cocok juga untuk tempat bersembunyi ikan kecil. Daftar Isi : Water Wisteria (Hygrophila difformis) Amazon Sword (Echinodorus grisebachii) African Water Fern (Bolbitis heudelotii) Java Fern/ Pakis lidah kolam (Microsorum pteropus) Anubias Cryptocoryne beckettii Aponogeton Ulvaceus Bulb Dwarf Aquarium Lily/ lili akuarium kerdil Pygmy Chain Sword Berikut adalah penjelasan mengenai tanaman midground / background aquascape pemula : 1. Water Wisteria (Hygrophila difformis) Tanaman aquascape Hygrophila difformis atau nama umumnya adalah Water Wisteria berasal dari benua Asia. Pertumbuhannya cukup cepat. Perawatannya mudah. Sedangkan kebutuhan cahayanya terbilang sedang. Parameter air idealnya ada di angka 23-28 dera

11 Jenis Tanaman Rotala Aquascape | Tanaman Aquascape

 11 Jenis Tanaman Rotala Aquascape Tanaman rotala cenderung mudah untuk dirawat. Cocok bagi pemula di dunia aquascape. Cocok untuk tanaman midground - background. Tanaman rotala juga mudah untuk diperbanyak atau di budidaya. 1. Rotala Rotundifolia Pink (ceylon) Rotala Rotundifolia Pink Informasi Tanaman: Jenis: Batang Asal: Asia Tingkat Pertumbuhan: Cepat Tinggi: 20 - 30 cm Kebutuhan cahaya: Sedang - tinggi Tingkat Kesulitan: Mudah Kebutuhan CO2: Sedang 2. Rotala Rotundifolia Green Rotala Rotundifolia Green Informasi Tanaman Jenis : Batang Asal : Asia Tingkat pertumbuhan : Cepat Tinggi : 20   - 3 0cm Kebutuhan cahaya : Sedang Kebutuhan CO2: Sedang Tingkat kesulitan: Sedang 3. Rotala Wallichii Rotala Wallichii Informasi tanaman Jenis: Batang Asal: Asia Tingkat Pertumbuhan: Sedang Tinggi: 10 - 30cm Kebutuhan cahaya: Tinggi Kebutuhan CO2: Tinggi Tingkat kesulitan: Sulit 4. Rotala Macrandra Mini Butterfly Rotala Macrandra Mini Butterfly Informasi tanaman Jenis: Batang Asal: Asia Ti

10 Jenis Batu Hias Untuk Aquascape Beserta Harganya

10 Jenis Batu Aquascape Beserta Harganya Daftar isi: Batu Lava Rock Batu Garang Stone / Eragon Batu Fosil Batu Seiryu Batu Besi Batu Serpentine Batu Kali Batu Ryuoh Batu Ohko / Naga Batu Manten Batu hias untuk aquascape biasanya digunakan pada tema hardscape, iwagumi, atau natural. Kesan alami bisa didapatkan dengan menambahkan batu batu hias pada aquascape anda. Nah berikut kita lihat jenis jenis batu hiasnya: 1. Batu Lava Rock Batu Lava Rock Batu Lava Rock, batu untuk bahan hardscape aquascape ini berwarna kecoklatan. Terbentuk dari panasnya gunung berapi. Batu ini memiliki banyak manfaat selain untuk hiasan hardscape aquascape. Harga : Rp4000 - Rp8000 per kilogram (tokopedia) 2. Batu Garang Stone/Eragon Batu Garang Aquascape Batu aquascape garang stone atau eragon dapat digunakan juga sebagai bahan hardscape aquascape. Batu ini berwarna kuning kecoklatan hingga abu - abu. Harga: Rp12.500 - Rp19.500 per kilogram di tokopedia 3. Batu Fosil Batu Fosil Aquascape Batu fosil untuk aqua